Senin, 31 Oktober 2016

RPP terintegrasi TIK

Satuan Pendidikan :     SD N Jatirejo
Kelas/Semester     :     IV/2
Tema                    :     Indahnya Negeriku
Waktu                   :     6 JP (1 hari)

Tujuan Pembelajaran
1.       Melalui kegiatan memasangkan  gambar pada Ms. Word dengan  diskusi dalam Edmodo grup kelas,peserta didik dapat mengidentifikasi  identitas suku bangsa, persamaan dan contoh sikap menghargai.
2.    Melalui kegiatan membaca teks cerita dalam Ms. Word dan diskusi, peserta didik dapat menemukan kosa kata baku dan menyusunya dalam kalimat sendiri dalam Ms. Power Point.
3.     Melalui kegiatan membaca peta/atlas  pada proyektor dan diskusi,peserta didik dapat menjelaskan jenis, pemanfaatan dan persebaran sumber daya alam, serta tempat-tempat bersejarah mencari informasi tambahan di google.
4.  Melalui kegiatan percobaan dan diskusi, peserta didik dapat menemukan segi banyak dalam kehidupan dan menggambarnya menjadi pola pengubinan kemudian didokumentasikan.
Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
·   Guru memberikan salam dan mengajak berdoa (religius).
·   Mengecek kehadiran peserta didik
·   Guru menayangkan beberapa gambar rumah adat, pakaian, tari, dan objek-objek alam terkenal dari beberapa provinsi
·   Peserta didik mencermati gambar, kemudian diminta menyampaikan pendapat dan perasaannya setelah melihat gambar tersebut. Misalnya rumah adat dan pakaian daerah tampak indah sekali. Perasaan menjadi bangga melihatnya.
·   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari, yaitu identitas suku bangsa, sumber daya alam, kosakata baku, segi banyak beraturan, pola pengubinan, dan tempat-tempat bersejarah di daerah setempat.
10 menit
Inti

·   Peserta didik mendengarkan penjelasan mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan selama pembelajaran,yaitu melaksanakan kegiatan pembelajaran diskusi mencari pasangan gambar sesuai dengan provinsi dan percobaan (experiment) dengan bantuan Lembar Kegiatan yang terdapat dalam komputer masing-masing kelompok dalam Ms. Word (rasa ingin tahu).
·   Peserta didik mendengarkan arahan guru agar dalam kegiatan diskusi dapat bekerjasama dengan baik, santun dan menghargai pendapat teman.
·   Peserta didik membaca dan mencermati  kembali teks cerita tentang lingkungan sosial, yaitu identitas  suku bangsa (gemar membaca) dalam Ms.Word, sementara itu guru   menyiapkan proyektor beberapa peta provinsi (Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Bali, Sulawesi Selatan, Ambon, dan Papua) di didepan kelas untuk diamati siswa.
·   Selesai kegiatan membaca, peserta didik mencari identitas suku peta provinsi (rumah adat, pakaian tradisional, tari daerah,senjata tradisional, atau alat musik) dengan menggunakan web browser google
·   Setelah diperoleh informasi siswa membuat kliping sederhana dalam Ms. Word.
·  Setelah kegiatan membuat kliping, peserta didik dalam kelompok provinsi mengerjakan tugas melalui diskusi dengan panduan lembar kegiatan (LK1) untuk melengkapi identitas suku bangsa menjadi lengkap.  Hasil  diskusi masing-masing kelompok diposting dalam grup dikusi kelas di Edmodo.
40 menit

·  Setiap kelompok menerima LK2 untuk memandu kegiatan diskusi selanjutnya. Peserta didik diberi waktu beberapa menit untuk mengamati data/informasi yang ada dalam Ms. Word, kemudian menggunakan informasi tersebut untuk mengkaji, menghubungkan dan menalar tentang adanya kesamaan identitas suku bangsa dari identitas suku bangsa yang ada di beberapa provinsi.
·  Selanjutnya,  dengan  interaksi yang santun dan toleran di antara peserta didik  terhadap berbagai pendapat, mereka merumuskan berbagai contoh perilaku yang harus ditunjukkan saat berinteraksi dengan masyarakat  yang beranekaragaman suku, budaya, dan seni di tanah air pada Edmodo grup diskusi kelas.
·  Dengan menggunakan bacaan cerita tentang Keanekaragaman suku dan budaya dalam Ms. Word, setiap peserta didik dalam kelompok membaca secara cermat dan kritis untuk mencari  kosa kata baku dan tidak baku yang ada di dalam teks tersebut.
·  Pesertadidik diminta menyusun kalimat  dengan menggunakan  kosa kata baku tersebut secara kreatif dan benar dalam Ms. Word. Kalimat yang disusun sendiri itu berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
·  Peserta didik diminta membandingkan kosa kata baku yang ditemukannya dan kalimat yang telah disusunnya dengan hasil teman dalam satu kelompok.
·  Selesai diskusi, guru mengundi kelompok yang akan melaporkan hasil diskusinya dibuat dalam slide sederhana Ms. Power Point.
·  Kelompok lain yang tidak bertugas melaporkan diminta mendengarkan, mencermati, menanggapi, memberikan informasi, atau saran. Kemudian bersama guru melengkapi/menyempurnakan hasil diskusi.
·  Guru melakukan penilaian sikap peserta didik selama mereka diskusi.
50 menit

·  Peserta didik kembali mencermati pengertian sumber daya alam yang disampaikan guru dengan bantuan tayangan gambar pyoyektor.
·  Dengan menggunakan peta/atlas layar proyektor (Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Bali, Sulawesi Selatan, Ambon, dan Papua) dan LK3,  peserta didik berdiskusi tentang:
o  Sumber daya alam (macam-macam sumber daya alam, manfaat, persebaran, dan contoh perilaku yang berakhlak mulia dalam memanfaatkan sumber daya alam) mencari informasi di google.
o  Tempat-tempatbersejarahdi lingkungan setempat (persebaran tempat-tempat bersejarah, nilai yang dikandungnya, contoh perilaku melestarikan peninggalan sejarah) mencari informasi di google.
·  Setiap kelompok menyusun laporan hasil diskusinya tentang sumber daya alam dan tempat-tempat bersejarah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang benar, jelas, logis, dan sistematis dalam Ms. Power Point sederhana.
·  Setelah  selesai diskusi, setiap kelompok melaporkan hasilnya diposting pada Edmodo grup diskusi kelas, siswa saling menanggapi hasil diskusi.
50 menit

·  Siswa mendengarkan informasi guru tentang segi bayak beraturan dan tak beraturan
·  Peserta didik dan guru melakukan tanya jawab tentang berbagai bentuk segibanyak yang dapat  ditemukan pada gambar-gambar tersebut.
·  Peserta didik diminta melakukan percobaan membuat kreasi segi banyak dari kertas berwarna yang berbentuk segi tiga, segi empat, dan lingkaran . Percobaan dilakukan dengan cara melipat, menggunting, atau menggunakan titik/garis bantu.
·  Hasil percobaan dipajang dan dikritisi peserta didik bersama guru kemudian didokumentasikan menggunakan kamera.
·  Peserta didik secara berkelompok diminta menggambar segi banyak beraturan yang saling berhubungan di salah satu sisinya atau lebih sehingga membentuk pola pengubinan, hasil menggambar juga didokumentasikan.
·  Setiap kelompok berdiskusi untuk merumuskan pola pengubinan yang telah mereka hasilkan (dibentuk dari persegi apa, sisi mana yang saling berhubungan, pada benda apakah saja pola pengubinan itu dapat ditemui di lingkungan sekitar).
·  Peserta didik melaporkan hasil diskusi dalam bentuk MS. Power Point dengan gambar-gambar yang sudah mereka ambil, kelompok lain dan guru menanggapi.
·  Peserta didik diminta mengumpulkan hasil percobaan membuat segi banyak dan pola pengubinan untuk dilakukan penilaian produk.

45 menit
Penutup
·  Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari itu.
·  Guru memberi kesempatan kepada beberapa peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·  Guru melakukan penilaian
·  Peserta didik ditugaskan membuat kliping dengan tema Keanekaragaman Budaya dan pemanfaatan sumber daya alam Indonesia secara individu untuk provinsi lain yang belum dibahas diupload pada Edmodo masing-masing dengan menandai grup Edmodo kelas.
·  Guru menyampaikan pesan moral untuk senantiasa menghormati keanekaragaman suku bangsa di Indonesia, menumbuhkan rasa peduli sosial yang tinggi, dan bijaksana dalam menggunakan sumber daya alam yang ada.
·  Salam dan doa penutup.
15 menit



Tidak ada komentar:

Posting Komentar